semaphore

08.18 Diposting oleh Di Hidayat

Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan memakai dua bendera. Dimana masing-masing bendera tersebut berukuran : 45 x 45 cm. Sedangkan warna yang sering digunakan adalah : merah dan kuning, dimana warna merah tersebut selalu berada dekat dengan tangkainya.
Mengirim dan menerima berita dengan semaphore hanya dapat dilakukan pada jarak lebih kurang 200 meter atau sejauh yang dapat dilihat oleh mata. Usahakan untuk mengirim atau menerima berita, kita berada di tempat yang terang/jelas, jangan terlindung oleh sesuatu yang mengganggu pandangan mata.
Untuk si pengirim berita, sebaiknya dilakukan oleh dua orang, satu memberi isyarat dan satu lagi membacakan isyarat yang diberikan. Demikian juga dengan penerima berita, dilakukan oleh dua orang, satu menterjemahkan makna engirim berita dan satu lagi menuliskan.
Sikap pengirim dan penerima adalah seperti orang sedang “istirahat di tempat” yaitu dimana lebar kaki berjarak lebih kurang sejajar bahu. Demikian juga dengan memegang tangkai semaphore seolah-olah tangkai semaphore itu adalah sambungan dari tangan kita.

Beberapa tanda lain :
apabila kita ingin membuat angka, maka terlebih dahulu harus memberi tanda angka.

1. UR : Berita dimulai/perhatian
2. K : Siap menerima berita
3. INI : Ulangi
4. E 8x : keliru (huruf E dibuat 8x)
5. AR : Berita selesai
6. R : Dapat menerima dengan baik
7. AS : Tunggu
8. MK : Geser ke kanan
9. ML : Geser ke kiri


0 komentar: